7 cara merawat mesin genset yang benar

7 Cara Merawat Mesin Genset Yang Benar

7 cara merawat mesin genset yang benar

Genset atau generator set merupakan sebuah perangkat yang sudah dikenal sebagai cadangan listrik. Biasanya perangkat ini digunakan oleh rumah, toko, kantor, perusahaan, dan daerah pedesaan yang tidak terjangkau listrik.

Seperti perangkat lainnya, genset ini juga memerlukan perawatan. Perawatan tersebut bermanfaat agar mesin genset tetap dalam keadaan baik, awet serta bisa memiliki umur optimal dalam jangka panjang. Dengan melakukan cara merawat genset yang benar maka perawatan mesin genset pun akan menjadikan mesin genset menjadi lebih efektif.

 

Berikut 7 cara merawat mesin genset yang benar

 

Simpan dan letakkan genset di tempat yang kering

Genset sebagai cadangan listrik memerlukan perawatan dengan memposisikan perangkat tersebut untuk disimpan secara baik. Apabila mesin perangkat genset ini diletakkan dengan kondisi serta area yang salah dan menyebabkan mesin genset menerima perubahan cuaca seperti panas matahari, cuaca hujan maka hanya akan menyebabkan mesin genset menjadi lebih cepat rusak dan hanya akan mendatangkan konsleting listrik.

Jaga kebersihan genset

Dengan menjaga serta memperhatikan kebersihan dari genset, maka pemakaian dari mesin genset tersebut akan menjadi lebih optimal dan aman untuk digunakan. Bersihkan segala debu, kotoran, minyak ataupun air dari jangkauan genset terlebih dari radiator yang terdapat pada mesin genset sehingga genset pun tetap memiliki umur pemakaian yang sesuai atau tidak mudah rusak.

Pastikan untuk mengoperasikan genset dengan benar

Saat Anda baru mau mengoperasikan genset, ada baiknya Anda membaca petunjuk pemakaian yang terdapat pada buku petunjuk. Jadi jika Anda telah mengikuti semua cara penggunaan dan masih saja terdapat kerusakan setelahnya, maka Anda bisa menjelaskan kepada teknisi tempat Anda membeli mesin genset tersebut.

 

Ganti sparepart genset sesuai dengan jangka waktu maksimal pemakaian

Ketika mesin genset sudah digunakan dalam beberapa saat (jangka waktu tertentu), memungkinkan terdapat sparepart yang sudah tidak bisa bekerja secara optimal. Dengan ada tanda seperti itu, ada baiknya untuk Anda langsung mengganti sparepart tersebut sebelum memiliki pengaruh buruk terhadap komponen yang lainnya. Bagaimana cara untuk mengetahui setiap komponen untuk diganti ada baiknya untuk melihat dan membaca setiap detail yang terdapat pada buku petunjuk, atau Anda bisa bertanya kepada teknisi tempat Anda membeli mesin genset tersebut. Anda sedang mencari sparepart untuk mengganti sparepart lama mesin genset?

 

Pastikan sirkulasi udara tempat perangkat berada dalam keadaan baik

Disarankan untuk menyalakan mesin genset pada ruangan terbuka, tetapi untuk mengoperasikannya di ruangan tertutup/dalam ruangan juga tidak masalah. Asalkan sebelum mengoperasikannya, Anda harus memastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik agar gas buang yang berasal dari asap knalpot mesin genset dapat terbuang dengan baik dan sempurna. Dengan sirkulasi udara yang baik ini maka membuat pengguna yang berada disekitar mesin genset pun tidak menghirup racun dan tidak membuat mesin genset menjadi lebih cepat panas.

Periksa bahan bakar

Perhatikan dan periksa selalu bahan bakar sebelum Anda ingin mengoperasikan mesin genset. Jangan sampai bahan bakar melebihi batas kapasitas, dan jangan sampai juga bahan bakar dalam keadaan tidak mencukupi. Selalu pastikan bahan bakar dalam keadaan yang tercukupi, agar mesin genset tidak mudah rusak.

Periksa oli mesin genset secara berkala

Setelah memastikan semua kondisi, yang terakhir perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan oli mesin genset secara berkala. Jika kondisi warna oli mesin sudah berubah warna menjadi hitam atau keruh, atau volume oli mesin yang sudah berkurang di bawah standar maka lakukanlah penggantian.

 

Seperti itulah cara merawat mesin genset yang benar, semoga bermanfaat dan membuat mesin genset Anda bekerja secara optimal dan maksimal serta memiliki umur jangka panjang dalam masa pemakaiannya.

× Chat With Us