Ahli service genset terbaik

ahli genset

Genset adalah perangkat yang dapat dijadikan sebagai sumber daya cadangan penghasil listrik, perangkat ini sudah cukup populer sekarang.

Dengan menggunakan genset maka ketersediaan listrik Anda akan menjadi aman, akan tetapi segala hal buruk bisa saja terjadi pada genset yang pada dasarnya memiliki beberapa komponen agar genset dapat bekerja sebagaimana mestinya. Hal buruk paling umum yang bisa saja terjadi pada genset adalah terdapatnya kerusakan, kerusakan genset pun beragam untuk itu cara mengatasinya pun akan berbeda-beda. Kerusakan genset terbagi menjadi 2 golongan yaitu kerusakan ringan dan kerusakan berat yang hanya bisa diatasi oleh seorang yang benar-benar ahli dalam hal genset.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan, genset membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan pengoperasiannya pun dapat bekerja secara optimal dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu lakukan perawatan yang tepat seperti berikut ini.

 

Melakukan perawatan genset dengan baik dan benar

 

  • Pastikan genset telah dioperasikan dengan benar
    Sebelum Anda mengoperasikan mesin genset, ada baiknya untuk membaca buku petunjuk yang telah disediakan. Jadi Anda dapat memastikan bahwa telah mengoperasikan genset dengan benar sehingga kemungkinan terjadi kerusakan yang disebabkan oleh Anda terhindari dan membuat garansi tetap dapat berlaku ketika kerusakan terjadi bukan disebabkan oleh Anda.
  • Ketika ada sesuatu hal yang aneh maka segera matikan mesin genset
    Saat terjadi sesuatu aneh atau yang janggal seperti tiba-tiba saja suara yang dihasilkan saat pengoperasian menjadi lebih keras dibandingkan yang biasanya atau mesin menjadi bergetar kuat, maka sebaiknya mesin genset segera dimatikan. Dan segera lakukan pengecekan kondisi genset atau bertanya pada teknisi yang lebih paham mengenai segala sesuatu komponen pada genset.
  • Meletakkan genset pada tempat yang aman
    Genset adalah perangkat yang benar-benar harus diperhatikan dan dirawat. Penyimpanan genset menjadi faktor apakah genset akan menjadi mudah rusak atau tidak. Sejauh mungkin jauhkan genset dari terik matahari, air atau segala hal yang menimbulkan kerusakan pada genset.
  • Pastikan kondisi genset selalu bersih
    Membersihkan segala debu, kotoran, minyak atau air yang berada disekitar dan menempel pada genset adalah hal penting yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan kebersihan menjadi hal yang penting dimana harus dijaga agar kinerja dari mesin genset tetap optimal serta fisik genset pun tetap terlihat bagus. Bersihkan genset secara teratur terutama pada bagian radiator agar genset tidak mudah rusak meskipun telah memiliki umur yang lama.
  • Mengganti spare part yang sudah termakan usia
    Untuk genset yang telah digunakan dalam hitungan tahunan dan sudah terbilang lama, sudah tentu akan terdapat beberapa komponen yang kinerjanya akan sedikit berkurang. Untuk itu lakukan penggantian komponen yang sudah termakan oleh usia, hal ini penting agar komponen tersebut tidak mempengaruhi komponen lain dan jika hal ini terjadi maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.
    Pastikan suku cadang yang Anda pilih adalah suku cadang asli dari tempat resmi.
  • Mengoperasikan genset pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
    Pengoperasian genset di dalam ruangan membuat Anda harus memperhatikan sirkulasi udara yang ada. Hal tersebut memiliki tujuan agar gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran genset dapat terbuang secara baik. Selain dapat mencegah mesin menjadi tidak mudah panas, hal ini juga dapat berdampak baik bagi kesehatan.
  • Melakukan pengecekan kabel instrument secara berkala
    Kabel-kabel instrument yang terdapat pada genset harus selalu Anda perhatikan secara rutin dan berkala. Perawatannya pun harus terus dijaga karena setiap kabel yang ada pada genset merupakan bagian pelengkap yang penting agar genset tetap dapat beroperasi dan memiliki kinerja yang baik.
  • Memastikan tabung bahan bakar tidak kosong
    Bahan bakar yang tidak mencukupi saat pengoperasian mesin genset hanya akan mengakibatkan genset menjadi lebih mudah cepat rusak. Maka pastikan sebelum ingin mengoperasikan bahwa bahan bakar telah terisi pada batas minimal tangki bahan bakar.
  • Memeriksa bagian distilled water
    Pada bagian battery distilled biasanya ada bagian yang mengharuskan battery untuk diisi ulang secara rutin dalam batas waktu yang telah ditentukan. Umumnya, pengisian tersebut dilakukan 2 atau 3 tahun sekali. Jika hal ini tidak dilakukan pada mesin genset Anda maka akan menyebabkan genset tidak akan bekerja secara optimal.
  • Memeriksa oli mesin pada genset secara berkala
    Oli pada mesin genset merupakan salah satu yang masuk dalam kategori penting untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan oli genset berada pada posisi yang seharusnya. Jika oli sudah terlihat keruh atau menghitam maka lakukan penggantian, atau biasanya lakukan penggantian oli setiap 6 bulan sekali atau pada kondisi oli yang sudah tidak normal.
  • Memanaskan genset secara rutin
    Meskipun genset sedang tidak dalam digunakan sama seperti pada mobil atau sepeda motor. Genset tetap harus dipanaskan agar mesin dan setiap komponen yang ada tetap dapat memberikan kualitas yang baik meskipun tidak digunakan. Lakukan pemanasan mesin genset secara rutin setiap 3 hari sekali selama 5-10 menit.

 

Untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dan terjaga, lakukan pada ahli service genset dengan menghubungi kami PT. Aneka Cipta Engineering.

× Chat With Us