Mengenal Bagian-Bagian Generator Set

Mengenal Bagian-Bagian Generator Set

Mengenal Bagian-Bagian Generator Set

Disaat Anda ingin mengoperasikan mesin genset, ada sistem pendukung yang memastikan kinerja dari mesin generator set ini dapat bekerja dengan baik tanpa ada gangguan. Mengenal bagian-bagian generator set sangat penting, berikut 3 sistem bagian yang mendukung mesin generator set dapat berfungsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik Anda.

1. Sistem Pelumasan
2. Sistem Bahan Bakar
3. Sistem Pendinginan

Sistem Pelumasan sendiri memiliki peran yang dapat mengurangi getaran antara bagian-bagian bergerak pada generator set selain itu sistem pelumasan dapat bekerja untuk membuang hawa panas, maka semua bearing dan dinding bagian dalam tabung silinder akan diberi minyak untuk proses pelumasan.

Cara kerja sistem pelumasan pada mesin generator set. Tahap awal minyak akan terhisap dari tangki minyak oleh pompa minyak, lalu disalurkan dengan tekanan menuju saluran-saluran pembagi yang telah melewati sistem pendinginan dan saringan minyak pelumas. Dari setiap saluran yang ada, minyak pelumas tersebut nantinya akan disalurkan hingga ke posisi tempat dudukan bearing dari poros jungkat, poros engkol serta ayunan-ayunan lainnya pada mesin genset. Saluran lainnya pun akan memberikan minyak pelumas untuk sprayer yang akan menyemprotkannya ke bagian dinding dalam dari piston sebagai pendinginan. Dimana minyak pelumas tersebut telah mengalir dari tempat-tempat pelumasan yang akan kembali ke dalam tangki minyak melalui saluran dan begitu seterusnya sistem pelumasan bekerja pada mesin generator set.

Sistem Bahan Bakar, mesin generator set dapat berputar dan beroperasi dikarenakan bahan bakar telah disemprotkan ke dalam ruang silinder. Hal ini terjadi sesaat sebelum piston mencapai titik mati atas atau yang disebut TMA dalam istilah genset. Pompa penyemprot bahan bakar tersebut ditekankan bahan bakar yang sebelumnya telah dibersihkan oleh saringan bahan bakar pada sistem bahan bakar, pada alat pemasok bahan bakar yang terpasang di atas kepala silinder. Karena melewati alat pemasok bahan bakar maka bahan bakar yang telah masuk ke dalam silinder tersebut dalam keadaan yang sudah terbagi-bagi dengan porsi sangat kecil. Di saat keadaan udara berada pada hawa panas yang diakibatkan pemadatan, bahan bakar yang sudah berada dalam keadaan seperti kabut akan segera terbakar. Pompa bahan bakar akan mengantarkan bahan bakar dari tangki ke pompa penyemprotan bahan bakar.

Sistem Pendinginan. Pada mesin genset perlu diketahui bahwa hanya ada sebagian dari energi yang terkandung dalam bahan bakar yang dapat mengubah menjadi tenaga mekanik sedangkan sebagian lagi tersisa sebagai uap panas. Uap panas tersebut pada akhirnya akan diserap oleh sistem pendingin yang terdapat pada dinding-dinding bagian tabung silinder sebagai wujud proses sistem pembakaran, dan bagian atas kepala silinder akan didinginkan dengan air.

 

Generator Set adalah sebuah sistem perangkat yang dapat menghasilkan listrik sebagai cadangan atau juga daya utama. Disebut sebagai generator set karena terdapat 2 perangkat berbeda dimana sama-sama memiliki peran untuk generator set ini dapat berfungsi yaitu engine dan generator atau alternator, klik disini untuk mengetahui perbedaan.

Perbedaan Alternator Dengan Generator

Ketika Anda mengalami pemadaman listrik tentu Anda membutuhkan suplai cadangan listrik dan keberadaan genset diharapkan dapat memberikan suplai listrik terutama pada beban-beban yang termasuk kategori prioritas. Genset memang dapat dijadikan sebagai sistem utama listrik atau juga off grid yang dimaksud disini adalah sumber daya cadangan yang tergantung berdasarkan kebutuhan si pemakai.

Mesin generator set juga memiliki komponen-komponen utama sehingga mesin dapat memenuhi kebutuhan listrik si pemilik. Untuk Anda yang sedang mencari mesin genset, jangan ragu untuk menghubungi kami sebagai distributor terbesar dan terpercaya yang memiliki tim teknisi handal dan profesional sehingga pelayanan yang akan Anda dapatkan tentu memuaskan.

× Chat With Us