Perbedaan kW dan kVa

Pengertian Perbedaan kW dan kVa

Perbedaan kW dan kVa

Anda pernah mendengar kW dan kVa? Atau Anda pernah melihat tulisan Watt, kW dan kVa dalam satuan listrik yang mungkin saja pernah Anda temui. Apakah Anda mengerti maksud dari kW dan kVa dan apakah Anda mengetahui perbedaan dari kedua nama tersebut? Sebelum mencari tahu perbedaan kW dan kVa. Mari mencari tahu pengertian dari kW dan kVa.

Jika Anda adalah salah satu orang yang baru ingin menggunakan genset atau Anda sudah menggunakan genset sejak lama, maka Anda akan menemui satuan listrik yang tertulis dalam spesifikasi genset tersebut. Genset di zaman sekarang ini sudah menjadi dan tergolong dalam kebutuhan primer bagi setiap orang. Maka ada baiknya untuk mengetahui apa perbedaan kW dan kVa sehingga Anda pengguna genset mengetahui dan dapat menggunakan dan memelihara genset dengan semaksimal mungkin.

Terdapat 3 phase dalam ilmu kelistrikan yang di kenal dengan sebutan 3 macam daya listrik atau yang mungkin pernah Anda dengar dengan sebutan segitiga daya, yaitu:

  • Daya Semu (kVa)
  • Daya Aktif (kW)
  • Daya Reaktif (KVar)

 

Sebelum membahas mengenai perbedaan kW dan kVa, Aneka Cipta Engineering akan memberi tahu Anda pengertian kW dan kVa. kW atau kilo Watt adalah sebuah satuan daya yang biasanya digunakan oleh PLN. Sedangkan kVa atau kiloVolt ampere adalah satuan daya semu atau satuan daya nyata yang ditambah aktif power yang biasanya digunakan untuk mengukur kapasitas sebuah genset. Untuk mengukur kemampuan yang terdapat dalam kW, Anda bisa mengenalinya dengan 0,8 (nilai perkiraan) dan kVa akan selalu lebih tinggi dari nilai kW.

Sehubungan dengan generator industri dan komersial, besar daya dari kW adalah yang paling sering digunakan pada genset-genset yang terdapat di Amerika Serikat serta beberapa negara lainnya yang menggunakan 60 Hz. Sedangkan untuk beberapa negara lain menggunakan satuan kVa sebagai nilai utama pada saat mereka mereferensikan generator set termasuk salah satunya Indonesia.

Untuk memperluas jangkauan maka satuan kW yang pada dasarnya output adalah suatu daya yang keluar (output) dimana generator akan menghasilkan suatu tenaga kuda (HP) dari sebuah mesin. Menentukan satuan kW biasanya ditentukan oleh besarnya tenaga kuda atau horse power (HP) di kali mesin 0,746.

 

Rumus cara menghitung listrik kVa ke kW

Mengetahui bagaimana cara menghitung listrik adalah suatu ilmu penting bagi Anda yang baru ingin menggunakan genset atau yang sudah lama menggunakan dan memanfaatkan generator set. Karena satuan listrik dari Ampere, kW, kVa, Pf dan Hp akan menjadi satuan dan akan dihitung serta akan sering dijumpai di saat Anda bekerja di bidang yang berhubungan dengan listrik atau perusahaan yang memanfaatkan generator set di bagian produksi atau pabrik. Untuk menghitung daya listrik tidaklah terlalu sulit, Anda hanya perlu mencari tegangan listrik/voltase atau arus listrik/ampere yang sangat dibutuhkan pada alat elektronik tersebut dan kalikan antara voltase dengan arus listrik.

Semoga ilmu ini dapat bermanfaat dan membantu bagi Anda yang baru saja merencanakan menggunakan generator set atau Anda yang memang sudah menggunakan generator set. Untuk pertanyaan atau informasi yang Anda perlukan mengenai generator set bisa langsung Anda tanyakan di Aneka Cipta Engineering, distributor genset yang sudah terpercaya.

Hubungi Kami>

× Chat With Us