Tips memelihara genset industri

Tips Memelihara Genset Industri

Tips memelihara genset industri

Semakin lama cadangan listrik akan semakin menyusut, pemerintah yang mengantisipasi hal buruk dikemudian hari membuat jadwal pemadaman listrik di beberapa tempat secara bergilir. Pemadaman listrik ini akan mengakibatkan kerusakan pada elektronik dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Generator adalah jawaban untuk Anda yang ingin segala aktivitas berjalan lancar tanpa ada gangguan, meskipun listrik padam. Genset atau generator set ini merupakan perangkat penting di zaman sekarang dikarenakan mampu untuk back up listrik ketika pemerintah melakukan pemadaman, seperti yang terjadi pada beberapa hari di sejumlah daerah Indonesia.

Sudah memasuki musim penghujan juga menjadikan pihak lembaga pemerintah di Indonesia yaitu PLN sering mengalami gangguan atau pemadaman listrik, yang disebabkan karena angin kencang atau beberapa hal lainnya. Tidak hanya rumah tangga atau perumahan saja yang membutuhkan generator hadir ditengah-tengahnya tetapi perusahaan atau industri pun juga membutuhkan perangkat yang mampu memberikan cahaya di daerah terpencil sekalipun. Bagaimana ketika PLN tanpa pemberitahuan langsung melakukan pemadaman listrik tanpa adanya pemberitahuan di awal? Tentu hal ini akan merugikan terutama untuk perusahaan atau industri yang sangat tergantung pada aliran listrik untuk memulai produksi. Dan mempunyai generator set atau genset ini adalah pilihan dan jawaban yang tepat untuk mendapatkan cadangan listrik ketika terjadi pemadaman secara otomatis atau bergilir dari PLN.

Ada beberapa genset yang dapat digunakan berdasarkan bahan bakar, dan yang paling sering dipilih adalah mesin genset yang berbahan bakar bensin atau solar. Namun untuk Anda yang ingin memiliki mesin genset dalam pasokan daya listrik yang besar, maka ada baiknya untuk menggunakan mesin genset yang berbahan bakar solar. Selain daya tahan mesin genset berbahan bakar solar ini tergolong tinggi, perawatannya pun juga tidak perlu repot dan termasuk mudah. Tips memelihara genset industri atau genset rumahan meliputi pemanasan mesin, pemeriksaan umum, pemeliharaan pada sistem pendingin genset, pemeliharan pada sistem pelumasan genset, pemeliharaan pada aki starting dan juga pemeliharaan pada sistem bahan bakar. Untuk membuat dan memastikan genset tetap dalam kondisi prima ketika sewaktu-waktu digunakan, maka Anda membutuhkan cara dan jadwal pemeliharaan genset dengan tepat dan benar. Berikut akan kami beritahukan beberapa langkah dan jadwal perawatan genset yang harus dilakukan.

Pengecekan secara umum

Saat genset menyala atau sedang dalam posisi running, maka operator pun tetap perlu dalam posisi waspada terhadap segala permasalahan mekanik yang membahayakan atau tidak aman. Berikut bagian pada generator yang perlu dilakukan pemeriksaan secara teratur demi untuk menjaga sistem operasi tetap baik dan aman yaitu sistem pembuangan, sistem listrik DC atau aki, sistem bahan bakar, mesin generator dan terakhir adalah sistem kontrol.

 

Perawatan sistem pelumasan

Tahap berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah lakukan pemeriksaan level oli pada mesin genset ketika genset dimatikan dalam interval atau waktu yang telah ditentukan oleh tabel. Secara akurat, Anda dapat mematikan mesin dan menunggunya sekitar kurang lebih 10 menit, untuk memastikan oli pada bagian atas mengalir kembali menuju bak mesin. Untuk pelumasan ada hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan pernah mencampur oli Anda dengan beda merk. Anda sebaiknya ganti oli beserta filter dalam interval yang sudah direkomendasikan melalui tabel.

 

Perawatan dalam sistem pendingin genset

Untuk melakukan perawatan pada sistem pendingin genset, Anda harus memeriksa bagian level coolant atau cairan pendingin pada posisi mesin sudah tidak menyala. Tentunya tetap mengikuti interval yang terdapat pada tabel. Anda bisa melepaskan bagian tutup radiator setelah mesin sudah didinginkan terlebih dahulu.

 

Perawatan sistem bahan bakar

Biasanya kualitas dari bahan bakar jika sudah digunakan dalam keadaan lama maka kemampuannya pun akan semakin turun. Alasan lain Anda melakukan pemanasan bahan bakar secara rutin agar bahan bakar yang sudah tersimpan dalam tangki habis sebelum akhirnya menjadi rusak. Lakukan pemanasan bahan bakar wajib secara rutin, jika selama 3 hingga 6 bulan bahan bakar tidak digunakan maka lakukan pengisian ulang.

 

Perawatan aki/baterai starting

Kegagalan genset pada posisi standby disebabkan dari baterai yang sudah mulai melemah. Untuk merawat baterai ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan mulai dari pengujian ulang baterai, pembersihan baterai, pemeriksaan berat jenis serta pemeriksaan tingkat elektronik dari baterai atau aki.

 

Pemanasan mesin generator

Pemanasan mesin generator yang teratur mampu membuat komponen-komponen yang telah terlumasi, mencegah terjadinya oksidasi di bagian kontak listrik. Sebelum kerusakan terjadi, memakai bahan bakar dengan pemanasan mesin ini membantu starting mesin menjadi lebih baik dan menghasilkan performa yang baik.

Jika Anda masih merasa belum memahami seputar perawatan dan pemeliharaan mesin genset, jangan ragu untuk datang dan berkonsultasi kepada kami di PT. Aneka Cipta Engineering.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Chat With Us