Genset Bahan Bakar Bensin

Tips Merawat Genset Bahan Bakar Bensin

Genset Bahan Bakar Bensin

Tidak ada cara khusus untuk menggunakan generator set, tetapi dalam keadaan tertentu Anda perlu mengetahui beberapa cara dalam menghadapi situasi dimana Anda ingin mengoperasikan genset yang cepat dan mudah. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena setiap pembelian dari mesin genset di distributor resmi, Anda tidak hanya akan mendapatkan manual text book tetapi Anda juga dapat meminta panduan langsung dari teknisi tempat Anda membeli genset.

Mesin genset sendiri terdiri dari beberapa jenis berdasarkan bahan bakar yang digunakan, mesin genset bensin adalah jenis genset yang populer karena sering dicari disebabkan bahan bakar bensin sekarang dapat dengan mudah dijangkau. Untuk menjaga performa mesin genset tetap dalam kondisi baik dan berkualitas, sama hal nya dengan mesin lainnya genset juga membutuhkan perawatan.

 

Tips merawat genset bahan bakar bensin

 

Pemahaman buku panduan

Ketika sudah memutuskan untuk memiliki mesin genset, jangan lupa untuk mempunyai seorang operator atau orang yang sudah paham bagaimana metode pemakaian dari mesin genset tersebut. Mulai dari cara menghidupkan genset, cara pengisian oli, menstabilkan aki, maupun metode lainnya yang sudah dijelaskan pada buku panduan. Dengan mengikuti apa yang sudah dipahami dari buku panduan, maka resiko kerusakan akibat salah penggunaan saat pengoperasian pun akan berkurang.

 

Pemasangan kabel yang benar

Ketika Anda membeli genset, dan ingin mencoba untuk merakitnya sendiri. Pastikan bahwa seluruh kabel yang menjadi pelengkap dari mesin genset sudah terpasang secara benar. Pastikan juga bahwa Anda sudah memasangnya secara kuat sehingga kemungkinan terjadinya konslet tidak akan terjadi. Berhubungan dengan kabel dari mesin genset, jangan sampai Anda menyentuh terminal output yang ada di mesin terutama saat mesin genset sedang beroperasi. Karena hal ini akan menyebabkan Anda akan tersengat listrik yang tinggi karena aliran listrik, jadi pastikan bahwa MCCB sudah dalam keadaan mati sebelum Anda ingin memasang kabel terutama kabel power.

Posisi genset

Ketika Anda memutuskan untuk membeli mesin genset, pastikan terlebih dahulu Anda akan menyimpan genset tersebut di daerah mana. Pastikan bahwa area yang Anda miliki akan melindungi genset dan tidak akan menimbulkan polusi udara maupun polusi suara pada lingkungan sekitar. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan area penyimpanan genset.

 

  • Jangan meletakkan genset di area yang lembab, pastikan sirkulasi udara dalam keadaan yang baik sekalipun area penyimpanan genset berada di dalam ruangan. Dengan demikian, suhu dari mesin genset akan tetap dingin dan tidak ada gas yang akan terhirup oleh pernafasan manusia.

 

  • Ketika meletakkan genset di dalam ruangan, pastikan bahwa area tersebut sudah bersih sehingga tidak akan ada hama seperti tikus yang akan merusak instalasi kabel genset.
    Jika Anda ingin meletakkan genset di luar ruangan, pastikan terdapat kanopi yang akan melindungi genset dari perubahan cuaca (panas atau hujan). Hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan akibat adanya air yang menetes masuk ke dalam mesin genset.

 

  • Meletakkan genset kiranya harus di area permukaan yang rata dengan pondasi yang kuat, agar ketika sewaktu-waktu terjadi getaran akibat gempa bumi mesin genset tidak akan rusak.

 

Menjaga kebersihan

Hal berikut yang menjadi bagian dari perawatan mesin, tidak boleh dilewatkan adalah menjaga kebersihan dari mesin genset. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan berhubungan dengan pemeliharaan kebersihan, yaitu;

 

  • Posisi kabel genset telah tertata rapi, tanpa ada lecet, kabel kendor ataupun kebocoran akibat gigitan hama karena akan menyebabkan konslet pada aliran genset.
  • Pastikan bahwa radiator genset dalam keadaan bersih yang tidak terkontaminasi debu atau kotoran apapun pada area permukaan seal.
  • Pastikan bahwa permukaan genset juga dalam keadaan bersih, Anda dapat mengelapnya sebagai upaya pembersihan agar menghindari genset menjadi berkarat.

 

Pengisian bahan bakar

Saat Anda memilih untuk menggunakan genset dengan jenis bahan bakar bensin, pastikan saat melakukan pengisian bahan bakar pada mesin tidak melakukannya di area yang terdapat bahan mudah terbakar. Mengingat bensin adalah cairan yang mudah terbakar. Selain itu, lapisi bagian-bagian tertentu dengan kain tebal khususnya kabel-kabel di mesin genset selain tidak akan mengotori genset, tidak akan menyebabkan bau yang menyengat pada pernafasan Anda.

 

Perawatan berkala

Buatlah daftar list perawatan berkala yang berhubungan dengan komponen genset yang perlu dirawat dalam periode harian, bulanan, hingga tahunan.
Contohnya saja pengontrolan air aki atau oli, Anda dapat melakukan pengecekan 1 kali dalam sehari untuk menjaga sistem kerja tetap dalam performa yang baik.

 

Menggunakan sistem grounding

Sistem grounding merupakan sistem yang digunakan untuk membuat stabil jika ada kelebihan arus listrik yang bisa saja terjadi pada saat terjadinya gesekan di medan magnet pada mesin genset. Dengan adanya sistem grounding yang baik maka mesin genset bahan bakar bensin akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

× Chat With Us