Cara kerja genset otomatis

Cara Kerja Genset Otomatis

Cara kerja genset otomatis

Mesin genset pada umumnya memiliki panel-panel identik dengan pengontrolan serta dirancang secara manual atau otomatis untuk mesin generator set listrik. Panel yang terdapat pada mesin genset ini biasanya bersifat digital atau konvensional. Perlu diketahui bahwa panel pada mesin genset terbagi menjadi 3 yaitu Panel Automatic Transfer Switch (ATS), Panel Automatic Main Failure (AMF) dan terakhir ada Panel Synchronizing Generator untuk perbedaan ketiganya adalah.

Panel Automatic Main Failure atau AMF adalah sebuah panel listrik yang memiliki fungsi dalam mengontrol sistem on – off pada mesin genset secara otomatis. Dimana ketika listrik utama mengalami gangguan seperti pemutusan dari sumber utama maka panel kontrol akan secara otomatis menyalakan mesin genset. Selain itu disaat sumber utama listrik menyala maka panel kontrol pun akan secara otomatis untuk mematikan mesin tersebut. Secara umum panel genset yang satu ini telah dikombinasikan dengan panel genset ATS, dan bisa Anda sebut dengan panel ATS – AMF.

Panel Automatic Transfer Switch (ATS) untuk mesin genset sendiri adalah panel listrik yang juga memiliki fungsi dimana dapat mengendalikan 2 sumber aliran listrik sekaligus dan ditangani secara otomatis dan pastinya aman. Panel generator ATS ini sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh pabrik, kantor atau rumah tangga yang menginginkan genset dengan sistem keamanan di saat terjadi pemindahan sumber aliran listrik utama menuju sumber aliran listrik alternatif.

Panel Synchronizing Generator adalah salah satu jenis panel listrik yang di desain agar dapat menggabungkan 2 atau lebih sumber listrik genset, yakni dengan melakukan paralel genset. Fungsi Anda di saat paralel genset ini terjadi adalah untuk mendapatkan sumber dari daya listrik yang lebih besar. Perlu diingat bahwa panel yang satu ini memang dirancang untuk mampu memiliki sumber listrik di atas 1 sumber.

Ketiga jenis panel kontrol adalah sebuah panel listrik yang memiliki hubungan erat dengan genset, meskipun masih banyak jenis panel lainnya seperti panel listrik LVMDP, Panel listrik lightening atau panel kapasitor bank dan lain sebagainya.

Cara kerja genset otomatis

Adalah cara kerja yang cukup sangat sederhana. Jika aliran listrik dari pemerintahan dipadamkan atau terputus maka panel Automatic Transfer Switch (ATS) akan memberikan sinyal perintah kepada genset agar menyala, begitu pun yang sebaliknya terjadi di saat aliran listrik kembali terhubung dengan PLN maka genset akan secara otomatis mati. Mesin genset yang telah dihubungkan dengan Automatic Transfer Switch ini akan memberikan bagi para pemilik mesin genset seperti industri atau perusahaan untuk menghemat operator genset atau tidak memerlukan tambahan tenaga manusia.

Automatic Transfer Switch atau ATS ini sangat bekerja untuk memudahkan para pemilik mesin genset karena bekerja secara otomatis dalam memindahkan sumber aliran listrik utama dalam permasalahan ini adalah sumber yang didapatkan dari PLN atau pemerintahan dan mesin genset. Jika aliran PLN terputus maka mesin genset adalah sumber utama listrik, tetapi ketika listrik telah menyala maka PLN adalah sumber aliran listrik utama.

Dengan adanya panel ATS ini maka genset dapat dioperasikan hanya dalam hitungan detik ketika listrik dari aliran sumber listrik utama PLN padam. Panel otomatis ini sangat membantu dan mempermudah para mesin yang sedang beroperasi tidak mengalami kerusakan karena listrik yang padam.

× Chat With Us