Macam-macam kapasitas genset berdasarkan kapasitas

Macam-macam kapasitas genset berdasarkan kapasitas

Macam-macam kapasitas genset berdasarkan kapasitas

Saat Anda membaca artikel ini, berarti Anda sedang mencari macam-macam kapasitas genset berdasarkan kapasitas. Alasan orang ingin memiliki generator set secara umum adalah sebagai cadangan listrik, karena belakangan ini pemerintah sering mengadakan pemadaman listrik secara bergilir atau mungkin Anda memiliki perangkat yang memiliki watt lebih besar dibandingkan yang ada. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin genset ada baiknya untuk mengetahui hal berikut.

Baca : Cara Menentukan Ukuran Genset Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Sebagai awal kami akan memberitahukan istilah-istilah pada kapasitas genset, sebuah pengetahuan dasar yang paling penting untuk Anda agar lebih mengenal genset. Dikatakan penting agar Anda tidak salah melakukan perhitungan saat ingin menghitung kapasitas kebutuhan listrik. Kapasitas yang ingin Anda beli tidak boleh terlalu besar dan tidak boleh terlalu kecil, besar kapasitas pada mesin genset secara garis besar terbagi menjadi tiga yaitu Prime power, Standby power dan terakhir Continuous power.

Prime Power atau yang mungkin Anda kenal dengan sebutan Rated Power adalah sebuah nilai dari generator yang dapat dipakai tanpa mengenal batas waktu (24 jam dalam 7 hari seminggu), dengan tingkat pemakaian variabel rata-rata tidak melebihi 80%. Itu berarti mesin genset dengan kapasitas nilai prime power dapat dijadikan sebagai sumber listrik utama. Seperti contoh pada daerah pertambangan, perkebunan, atau pulau kecil yang tidak terdapat sumber listrik dari pemerintahan (PLN).

Standby Power atau yang sering disebut Emergency Standby Power (ESP) ini adalah sebuah definisi bagi nilai daya generator yang dapat dipakai secara variabel tetapi memiliki batas waktu pemakaian yaitu 200 jam per tahun. Kapasitas dengan standby power ini dapat Anda gunakan untuk disaat terjadi sesuatu (emergency) atau ketika sumber listrik secara mendadak padam. Mungkin kapasitas standby power ini adalah jenis genset yang paling umum digunakan pada perkantoran, hotel, rumah sakit, apartemen atau ruko.

Dan yang terakhir adalah Continuous Power adalah perhitungan nilai daya genset yang dapat dipakai dengan konstan sebesar 100% serta tidak mengenal batasan waktu. Continuous power ini disarankan untuk mereka yang ingin mengoperasikan mesin genset secara continue atau terus-menerus seperti di saat Anda ingin menjalankan elektro motor atau dinamo.

Setelah mengetahui 3 istilah dalam pembagian kapasitas genset, bagi Anda yang sedang mencari genset dan sudah melakukan perhitungan akan kebutuhan mesin genset harian Anda. Silahkan hubungi kami di Aneka Cipta Engineering sebagai distributor mesin genset terbesar yang akan memberikan Anda 3 pilihan merk terbaik mulai dari Genset Doosan, Genset Perkins dan Genset Cummins. Menyediakan berbagai besaran kapasitas mulai dari kecil hingga yang paling besar sehingga kebutuhan listrik Anda akan terjamin terpenuhi. Jangan ragu lagi, sekarang juga klik disini untuk menghubungi dan tim kami akan senantiasa membantu Anda

× Chat With Us