Cara Menentukan Ukuran Genset

Cara Menentukan Ukuran Genset Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Cara Menentukan Ukuran Genset

Memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, membuat perusahaan generator set menciptakan berbagai ukuran untuk memenuhi setiap kebutuhan. Genset sangat bermanfaat sebagai cadangan listrik, dan bisa digunakan di kota besar maupun daerah terpencil yang memang belum terdapat listrik. Biasanya untuk penggunaan di rumah banyak yang menggunakan genset silent type.

Tips Memilih Harga Genset Silent Murah

Tetapi bagaimana cara menentukan ukuran genset yang sesuai dengan kebutuhan? Untuk penggunaan genset rumah biasanya memiliki kapasitas dari 1000 kVa hingga 10.000 kVa, untuk mengetahui pengertian dari satuan yang terdapat dalam genset sedangkan untuk kebutuhan industri menggunakan genset yang memiliki kapasitas besar.

Memiliki genset baik dengan cara menyewa atau membeli sebagai salah satu cadangan listrik memang sangat dibutuhkan, mengingat pemerintah sering mengadakan pemadaman listrik secara mendadak dan terkadang dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama. Apapun alasan Anda untuk memiliki genset sebagai cadangan listrik atau sebagai sumber listrik, tidak akan berfungsi jika kapasitas genset yang dimiliki tidak dapat memenuhi kebutuhan listrik Anda. Untuk itu ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli genset, untuk mengikuti cara menentukan ukuran genset yang sesuai dengan kebutuhan agar fungsi genset dapat berjalan baik.

Menghitung besaran kapasitas daya listrik cadangan yang dibutuhkan bisa Anda mulai dari menentukan area mana saja yang perlu dicadangkan untuk tetap memiliki aliran listrik di saat terjadi pemadaman secara mendadak. Anda bisa memulai menghitung besaran kapasitas mulai dari hal-hal yang penting, karena perlu diingat semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk memiliki genset maka penggunaan bahan bakar pun akan semakin boros dan harga genset dengan kapasitas yang besar tentunya juga mahal. Sebagai contoh total kebutuhan daya listrik untuk dicadangkan sebesar 1.000 Watt, untuk selanjutnya Anda bisa kalikan 2 kebutuhan daya listrik maka akan menjadi 2.000 Watt atau 2 kW (Kilo Watt).

Menghitung besaran ukuran genset berapa besaran kapasitas ukuran genset yang baik dalam ukuran genset (kVa) yang baik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik seperti yang sudah dicontohkan di atas (dalam bentuk watt). Gunakan rumus umum yang biasanya digunakan yaitu kVa=kW/0.8, untuk 0.8 ini tersebut adalah besaran nilai yang sudah menjadi aturan umum yang digunakan dalam merubah kW menjadi kVa. 2.000 watt = 2kW/0.8 = 2.5 kVa, dan kapasitas ukuran genset yang paling mendekati dengan 2.5 kVa adalah 3 kVa. Simbol kVa adalah kapasitas besaran ukuran dalam hitungan genset, untuk perbedaannya bisa Anda baca dalam link diatas. Kapasitas genset tersedia dalam bermacam-macam ukuran mulai dari 450 VA, hingga 3 kVa dan masih banyak lagi.

INGAT untuk mengetahui bagaimana cara menyambungkan unit genset untuk dilakukan instalasi pada rumah Anda. Karena jika melakukan kesalahan maka genset akan menjadi rusak dan tidak bisa digunakan, biasanya untuk menstabilkan listrik maka genset membutuhkan satu perangkat tambahan yang dinamakan “stabilizer” tetapi ada juga genset yang bisa langsung digunakan tanpa tambahan perangkat. Anda bisa bertanya dan berkonsultasi pada tim teknisi tempat Anda akan membeli genset, sebagai salah satu distributor terlengkap dan terpercaya percayakan kami PT. Aneka Cipta Engineering sebagai pemenuh kebutuhan Anda akan genset.

× Chat With Us