Komponen utama pada genset

Komponen Utama Pada Genset

Komponen utama pada genset

Genset adalah sebuah perangkat yang sudah umum dan banyak digunakan mengingat genset dijadikan sebagai cadangan listrik di non industri serta industri. Dan sebelum memutuskan untuk membeli genset ada baiknya untuk mengetahui komponen utama pada genset, untuk membuat Anda mengerti komponen apa yang perlu diganti jika terjadi kerusakan. Dengan mengetahui komponen utama pada genset membuat Anda terhindar dari teknisi-teknisi nakal pada saat perawatan, seperti contoh ketika ada 1 komponen yang rusak tetapi teknisi tersebut mengatakan 2 komponen dan dengan Anda yang sudah mengerti setiap komponen utama pada genset maka Anda mengetahui apakah teknisi tersebut mengatakan yang benar atau tidak.

Sebelum mengetahui komponen utama pada genset ketahui dulu Pengertian Genset Manfaat Dan Kegunaan Generator Set Dan selanjut kami akan memberitahukan.

komponen-komponen utama pada genset, yang terdiri dari beberapa bagian

 

Komponen utama pada genset – Mesin

Mesin adalah komponen utama pada genset, yang membuat perangkat cadangan listrik ini dapat bergerak dan bekerja sesuai dengan fungsinya. Mesin atau engine merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh generator. Sama seperti halnya mobil, mesin merupakan komponen utama dan vital untuk membuat sebuah perangkat dapat dioperasikan atau digunakan. Mesin pada generator dapat berfungsi dengan menggunakan bahan bakar, yang biasanya digunakan antara bensin, diesel dan gas. Penggunaan bahan bakar bensin biasanya digunakan untuk mesin genset yang memiliki kapasitas daya kecil, sedangkan bahan bakar diesel (solar) digunakan pada mesin genset yang memiliki kapasitas daya besar karena memerlukan tekanan yang kuat.

Komponen utama pada genset – Alternator

Komponen utama pada genset yang lain adalah alternator. Alternator mampu menghasilkan tenaga output atau keluaran listrik yang nanti akan disalurkan oleh mesin. Di dalam alternator sendiri, terdapat 2 komponen lagi yang disebut stator dan rotor. 2 komponen ini yang akan membuat sebuah gerakan relatif antara mesin dan listrik.

 

Tangki Bahan Bakar

Besarnya tangki bahan bakar dapat menentukan berapa lama atau berbanding rata dengan ketahanan waktu kerja genset. Untuk umumnya tangki bahan bakar dapat menjaga genset tetap beroperasi selama 6 hingga 8 jam. Jika Anda ingin menambahkan tangki bahan bakar bisa dan memungkinkan waktu operasi bisa semakin lama.

 

Voltage Regulator

Komponen utama pada genset yang harus Anda ketahui

Komponen yang terdapat dalam genset sehingga genset dapat mengeluarkan tegangan disebut dengan voltage regulator. Voltage regulator ini sangat penting, dikarenakan jika listrik yang dihasilkan memiliki tegangan yang tidak stabil hanya akan membuat mesin genset menjadi lebih cepat rusak dan mungkin saja menjadi tidak bisa dioperasikan kembali.

 

Exhaust Cooling System

Pada umumnya perangkat yang memiliki mesin akan menjadi panas jika digunakan. Jika suhu panas yang berada pada mesin genset ini tidak dilepaskan atau dihilangkan maka hanya akan membuat generator menjadi rusak dan tidak menutup kemungkinan bisa meledak. Untuk itu exhaust cooling system ini ada dengan memiliki peran sebagai sebuah ventilasi agar suhu panas bisa lepas dan hilang.

Baterai

Pada awalnya mesin generator dapat berfungsi hanya dengan menggunakan baterai. Penambahan daya baterai pun dapat bertambah pada saat mesin beroperasi dengan melakukan charge. Jika baterai yang terdapat pada generator rusak, maka sudah dipastikan bahwa mesin tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Kerangka Utama

Mesin generator tetap harus memiliki rumah atau kerangka utama yang sesuai dengan besarnya generator tersebut, hal ini untuk membuat si pemilik tetap dalam keadaan aman.

 

Mengetahui komponen utama pada genset sangat menyenangkan bukan, selain dapat menambah ilmu membuat Anda sebagai pemilik genset menjadi tidak mudah untuk diperlakukan secara curang disaat ada salah satu komponen yang perlu diganti. Untuk mengetahui detail lain mengenai komponen-komponen utama pada genset yang sudah kami sebutkan, Anda bisa menghubungi teknisi kami.

× Chat With Us